Friday, January 12, 2018

Pengaruh (Efek) Air Kaya Hidrogen (HRW) pada Peritonitis Akut

Judul Jurnal Asli:
Pengaruh air kaya hidrogen pada peritonitis akut pada model tikus.

Informasi Penulis:
  1. Departemen Bedah Hepatobiliary, Rumah Sakit Terafiliasi Pertama di Xi'an Jiaotong University, Xi'an 710061, China. 
  2. Departemen Bedah Thoracic, Rumah Sakit Terafiliasi Pertama di Xi'an Jiaotong University, Xi'an 710061, China.
  3. Departemen Bedah Hepatobiliary, Rumah Sakit Terafiliasi Pertama di Xi'an Jiaotong University, Xi'an 710061, China; Departemen Obstetri dan Ginekologi, University of Kansas School of Medicine, 3901 Rainbow Boulevard, Kansas City, KS 66160, AS. 
  4. Departemen Bedah Hepatobiliary, Rumah Sakit Terafiliasi Pertama di Xi'an Jiaotong University, Xi'an 710061, China. Alamat elektronik: liuchangdoctor@gmail.com

Abstrak
OBJEKTIF:
Untuk mempelajari pengaruh air kaya hidrogen (HRW) terhadap peritonitis akut dengan tiga model tikus yang berbeda.

METODE:
Peritonitis akut diinduksi oleh tiga metode termasuk injeksi intraperitoneal lipopolisakarida (LPS), operasi tinja tikus atau operasi tinja dan tors (CLP). 

Untuk masing-masing model, tikus Sprague Dawley jantan digunakan dan didistribusikan ke kelompok kontrol garam, kelompok kontrol HRW, kelompok model garam dan timbal, dan kelompok model HRW plus. Saline atau HRW (3 ml per ekor) diberikan secara oral oleh gavage selama 7 hari sebelumnya dan 3 hari setelah pemodelan. Khasiatnya diuji dengan mendeteksi konsentrasi sel darah putih (WBCs), endotoksin plasma, interleukin (IL) -6 dan faktor nekrosis tumor (TNF) -α. Aktivitas malondialdehid (MDA), myeloperoxidase (MPO) dan glutathione (GSH) pada jaringan peritoneum viseral juga dievaluasi. 

Sementara itu, pemeriksaan histopatologi peritoneum viseral dilakukan dengan menggunakan pewarnaan hematoxylin dan eosin. Ekspresi dan lokasi faktor kappaB nuklir (NF-κB) pada peritoneum viseral dideteksi oleh imunohistokimia.

HASIL:
Tiga model menunjukkan hasil yang sama bahwa air kaya hidrogen memiliki efek perlindungan yang efisien terhadap peritonitis akut. 

HRW secara signifikan dapat menurunkan kadar sel darah putih, endotoksin dan sitokin plasma, meningkatkan aktivitas GSH dan mengurangi aktivitas MPO dan MDA di jaringan peritoneum bila dibandingkan dengan kelompok yang hanya diberi garam. Serentak, kami menemukan bahwa HRW juga dapat menurunkan ekspresi NF-κB di jaringan peritoneum.

KESIMPULAN:
Air yang kaya akan hidrogen dapat mengurangi tingkat keparahan peritonitis akut, dan air ini mungkin dapat melakukan fungsi ini karena adanya efek anti-inflamasi, anti-oksidasi dan anti-bakteri dan mengurangi ekspresi NF-κB di jaringan peritoneum.

Hak Cipta © 2014 Elsevier B.V. Semua hak dilindungi undang-undang.

KATA KUNCI:
Hidrogen; Faktor nuklir kappaB; Peritonitis; Model tikus

Sumber Jurnal Penelitian:


No comments:

Post a Comment

Advertisement