Friday, January 12, 2018

Efek Nefroprotektif Air Elektrolisis terhadap Toksisitas (Keracunan) Ginjal Akibat Cisplatin dan Kerusakan Oksidatif pada Tikus

Efek Nefroprotektif Air Elektrolisis terhadap Toksisitas (Keracunan) Ginjal Akibat Cisplatin dan Kerusakan Oksidatif pada Tikus.


HASIL PENELITIAN RESMI:

Setelah pemberian ERW, osmolalitas urin yang tadinya berkurang menjadi meningkat, kadar Na +, K +, Mg2 + dan Ca2 + dalam urin berkurang secara signifikan pada tikus dengan cedera ginjal yang diinduksi cisplatin. Disisi lain, hasilnya menunjukkan bahwa secara signifikan menurunkan kadar serum kreatinin dan nitrogen urea darah (BUN) yang sebelumnya meningkat di ginjal yang diinduksi oleh cisplatin. Selain itu, terapi air ERW juga terbukti meningkatkan (p <0,05) aktivitas GPx, GR, CAT dan SOD, dan untuk meningkatkan kadar GSH pada ginjal. Histopatologi menunjukkan bahwa ERW melindungi terhadap cedera ginjal akibat cisplatin pada tubulus proksimal dan distal.

KESIMPULAN:
ERW menunjukkan efek nephroprotective yang manjur pada kerusakan ginjal akibat cisplatin pada tikus, kemungkinan karena peningkatan aktivitas sistem antioksidan dan penghambatan peroksidasi lipid.

Copyright © 2017. Diterbitkan oleh Elsevier Taiwan LLC.


No comments:

Post a Comment

Advertisement