Wednesday, January 24, 2018

KLARIFIKASI KANGEN WATER: SURAT KEMENKES DAN KONTROVERSI KLAIM KHASIAT HANYA SALAH PAHAM


Kangen Water di Indonesia menjadi pusat perhatian masyarakat saat ini, sebab beberapa waktu lalu beredar surat dari KEMENKES R.I. Mengenai Klaim Kesehatan yang Berlebihan,  bahkan ada Beberapa Media yang memberitakan bahwa Air Alkali Terionisasi ini belum ada Penelitiannya. 


Dr. Andhyka Sedyawan bersama Rekan-Rekan Dokter lainnya yang merupakan Distributor Resmi dengan Jaringan Terbesar di Indonesia, meluruskan kontroversi tentang air alkali yang disebut-sebut memberikan informasi yang menyesatkan. 

Dalam surat edaran tertanggal 10 November 2017, Kemenkes memerintahkan PT Enagic Indonesia, selaku produsen Kangen Water, untuk menarik semua brosur soal khasiat Kangen Water yang beredar di masyarakat lantaran ditemukan indikasi pelanggaran. 

Hari ini (Rabu, 24 Januari 2018) di adakan Konferensi yang bertajuk Amazing Water Conference 2018,  dihadiri oleh perwakilan dari pihak KEMENKES R.I., BADAN POM,  DINAS KESEHATAN DKI Serta Dokter-Dokter di Seluruh Indonesia yang berjumlah total keseluruhan kurang lebih sekitar 400 orang. 

Pada Acara ini semua informasi mengenai Manfaat dan Hasil Penelitian Air Alkali dipapar dengan sangat jelas oleh para Dokter-Dokter Spesialis, sehingga membuka mata kita bahwa ternyata air ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kita,  mencegah berbagai macam penyakit,  serta ada bukti secara ilmiah dan merupakan bukti kuat dari sisi Dunia Kedokteran. 

Dr. Andhyka Menegaskan bahwa permasalahan PT. Enagic Indonesia dan Pihak KEMENKES hanya salah paham. Kementerian Kesehatan belum memiliki kategori water elektrolisis sebagai alat kesehatan sehingga belum bisa disebut sebagai Alat Kesehatan atau Medical Device. 

"Jadi, waktu itu Kementerian Kesehatan mengeluarkan surat informasi ketika kita beroperasi di Indonesia. Tapi oleh Direktur PT Enagic Indonesia yang memproduksi mesin ini disangkanya surat izin edar. Jadi kami diberitahukan sudah mendapat izin edar, padahal hanya informasi dari Kemenkes," ujar Andhyka pada 'Amazing Water Conference 2018' di Jakarta, Rabu (24/1/2018). 

PT Enagic Indonesia sebagai importir mesin Kangen Water, saat ini sedang mengurus perizinan yang diperlukan supaya bisa terus mengakomodir kebutuhan masyarakat terhadap air alkali ini. 

"Mungkin yang memicu kontroversi adalah banyak orang di lapangan berjualan air kemasan. Lalu menambahkan klaim mampu mengobati penyakit dan sebagainya. Padahal disini kita sebutkan membantu proses penyembuhan, bukan menggantikan peran obat-obatan," tambah Andhyka. 

Sejak Surat itu Keluar Kementerian Kesehatan tidak melarang izin pihaknya sebagai distributor mesin Kangen Water memasarkan alat ini di Indonesia, namun harus lebih mengedukasi masyarakat akan manfaat air alkali untuk mempercepat proses penyembuhan dan pencegahan berbagai penyakit. 


"Jadi melalui konferensi ini kami berusaha untuk mengedukasi masyarakat akan manfaat air alkali dalam mempercepat proses penyembuhan penyakit, bukan menyembuhkannya tanpa obat-obatan seperti yang diklaim pemasar yang tidak bertanggung jawab," tandas dia.

Menurut Riau Online dalam Beritanya mengatakan bahwa air alkali efektif dalam mencegah penyakit bukan untuk mengobati,  dan hal ini juga disebutkan dalam berita di suara.com yang berjudul sama. Hal ini membuktikan bahwa saat ini masyarakat sudah mulai memahami apa itu air alkali.

Hal senada juga diungkapkan oleh portal Viva News yang menulis tentang benarkah bahwa air alkali ini bisa menyembuhkan penyakit. Dalam beritanya dipaparkan pernyataan dari dr. Andi Pratama Dharma Sp.PD bahwa apabila ada yang mengatakan sesuatu itu tidak baik atau berbahaya bagi tubuh maka harus ada penelitiannya, maka begitu juga sebaliknya.

Sementara di Portal Liputan6 memegaskan bahwa air Alkali ada Jurnal Ilmiahnya jadi bukan hanya sekedar Klaim Biasa,  namun berdasarkan fakta yang dilansir dari Situs MHF (Molecular Hydrogen Foundation) yang menyatakan ada lebih dari 500 jurnal penelitian yang membahas tentang Air Alkali Berhidrogen yang Terionisasi ini.

Sumber terbaru dari MetroTVNews Menyebutkan beberapa poin penting diantaranya adalah: Bahwa masyarakat beranggapan Air Alkali Terionisasi ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit,  namun sebenarnya adalah untuk mempercepat proses penyembuhan berbagai macam penyakit karena sebagian besar penyakit disebabkan oleh tubuh yang asam,  maka diperlukan asupan yang Basa untuk membantu menetralisir kondisi perburukan dari suatu penyakit.

Selain itu,  MetroTVNews juga menyebutkan bahwa anti oksidan yang terdapat di dalam air alkali mampu melawan radikal bebas yang menyerang tubuh sehingga mengurangi dampak dari pemicu berbagai penyakit. 

Sumber-sumber Berita: 

  1. https://www.suara.com/news/2018/01/24/155801/kontroversi-klaim-kesehatan-kangen-water-hanya-salah-paham
  2. https://theworldnews.net/id-news/kontroversi-klaim-kesehatan-kangen-water-hanya-salah-paham
  3. https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1000264-kontroversi-manfaat-air-alkali
  4. http://www.riauonline.co.id/kesehatan/read/2018/01/24/konsumsi-air-alkali-efektif-cegah-penyakit-bukan-mengobati
  5. https://m.suara.com/health/2018/01/24/183050/konsumsi-air-alkali-efektif-cegah-penyakit-bukan-mengobati
  6. https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1000278-benarkah-air-alkali-bisa-sembuhkan-penyakit
  7. https://m.dream.co.id/fresh/bantu-percepat-penyembuhan-air-arkali-bukan-obat-1801273.html
  8. http://m.liputan6.com/health/read/3239843/air-alkali-baik-untuk-percepat-proses-sembuh-bukan-sebagai-obat
  9. http://m.metrotvnews.com/rona/kesehatan/Obzvw7lb-benarkah-air-alkali-bisa-sembuhkan-penyakit-kronis

No comments:

Post a Comment

Advertisement