Saturday, January 13, 2018

Pencegahan Kerusakan Organ Liver (Hati) pada Pasien Kemoterapi Kanker (Usus) Kolon - Rektal Dengan Terapi Air Kaya Hidrogen


Jika pada artikel saya sebelumnya,  dipaparkan tentang hasil penelitian ilmiah pada objek hewan,  kini ada penemuan baru yang langsung diteliti pada manusia. Khususnya pada pasien yang menderita Kanker Usus (Colorectal).


Penelitian ini tentunya lebih kuat tingkat keabsahannya,  selain diteliti kepada manusia langsung,  para peneliti juga merupakan ahli Onkologi dan Patologi,  yaitu ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk kanker, jadi mereka tidak asal meneliti saja...

Tidak hanya diteliti pada satu orang sampel saja,  tapi sebanyak 152 pasien yang memiliki kemiripan kondisi serta menderita penyakit yang sama, dilakukan dengan metode random dan terkontrol.

Dari 152 pasien,  76 pasien diantaranya diberikan terapi Air Hidrogen dan diamati semua perubahannya secara detail. Mereka mengumpulkan sukarelawan dan berhasil mengumpulkan semua data penelitian selama hampir 6 tahun,  jadi tidak tanggung tanggung ya...

Hasilnya menunjukkan adanya efek proteksi pada organ liver. Hal ini menjadi lebih spesifik dikarenakan pasien yang menjadi objek adalah pasien-pasien yang sedang dalam kemoterapi,  khususnya yang menggunakan mFOLFOX6.

Nah biasanya pasien kanker yang sedang dikemoterapi akan beresiko tinggi mengalami kerusakan hati (liver),  hal ini dikarenakan semua jenis obat akan bersarang di hati,  sehingga organ tersebut mendapatkan pekerjaan yang sangat berat dalam menumpuk racun-racun yang tersisa dari obat.

Lalu bagaimana cara memproteksi hati ini? Mari kita simak,  hasil dari penemuan yang paling mutakhir abad ini.

Judul Asli: Efek perlindungan air kaya hidrogen pada fungsi hati pasien kanker kolorektal yang diobati dengan kemoterapi mFOLFOX6.

Informasi Penulis:
  1. Departemen Onkologi, Rumah Sakit Provinsi Shandong Taishan, Taian, Shandong 271000, P.R. China.
  2. Departemen Patologi, Universitas Kedokteran Taishan, Taian, Shandong 271000, P.R. China.
  3. Departemen Onkologi, Rumah Sakit Jinan Tengah Berafiliasi dengan Universitas Shandong, Jinan, Shandong 250013, P.R. China.

Abstrak:
Penelitian ini dilakukan untuk menyelidiki efek perlindungan dari air kaya hidrogen pada fungsi hati pasien kanker kolorektal (CRC) yang diobati dengan kemoterapi mFOLFOX6. Uji klinis terkontrol acak acak tunggal dirancang. Sebanyak 152 pasien dengan CRC direkrut oleh Departemen Onkologi Rumah Sakit Taishan (Taian, China) antara bulan Juni 2010 dan Februari 2016, di antaranya 146 memenuhi kriteria inklusi. Selanjutnya, 144 pasien diacak ke kelompok perlakuan (n = 80) dan kelompok plasebo (n = 64). Pada akhir penelitian, 76 pasien dalam kelompok perlakuan hidrogen dan 60 pasien pada kelompok plasebo termasuk dalam analisis akhir. Perubahan fungsi hati setelah kemoterapi, seperti alginat aminotransferase (ALT), aspartat transaminase (AST), alkalin fosfatase, bilirubin tidak langsung (IBIL) dan bilirubin langsung, diamati. Efek yang merusak dari kemoterapi mFOLFOX6 pada fungsi hati terutama ditunjukkan oleh peningkatan kadar ALT, AST dan IBIL. Kelompok air kaya hidrogen menunjukkan tidak ada perbedaan fungsi hati yang signifikan sebelum dan sesudah pengobatan, sedangkan kelompok plasebo menunjukkan tingkat ALT, AST dan IBIL yang meningkat secara signifikan. Dengan demikian, air kaya hidrogen tampaknya mengurangi kerusakan hati terkait mFOLFOX6.


KATA KUNCI: kemoterapi; Kanker kolorektal; air kaya hidrogen; kerusakan hati; mFOLFOX6

PMID: 29142752 PMCID: PMC5666661 DOI: 10.3892 / mco.2017.1409

PENUTUP
Air yang Kaya Hidrogen bisa dibuat melalui proses elektrolisis dengan metode pemanasan pada platinum yang dilalui oleh air, yang kemudian semua ion dan mineral yang terdapat di dalam air minum itu berubah strukturnya menjadi air dengan hidrogen aktif sehingga sifat air biasany menjadi alkali,  itulah kenapa air hidrogen ini dapat diproduksi dengan tingkatan pH yang bermacam-macam,  bisa dengan pH normal maupun menjadi alkaline water.

Bahan pembuatan plat ini sangat banyak didapatkan dipasar global,  namun untuk membuatnya menjadi sebuah mesin elektrolisis air memerlukan teknologi yang sangat mutakhir. 

Beruntung sekali untuk saat ini Kita tidak perlu repot-repot membuat mesin Elektrolisis Air,  karena saat ini telah ada Mesin Mungil yang sangat canggih yang bisa memproduksi sendiri di rumah kita hanya dengan memencet tombol-tombol yang sudah disetting sesuai dengan kebutuhan orang-orang di seluruh dunia.

Mesin ini pun buatan Jepang,  jadi sudah tidak diragukan lagi bagaimana kualitas air yang dihasilkannya.


Bila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut silahkan Kontak orang yang membagikan artikel ini kepada Anda. Tanyakan kepada mereka apakah telah memahami tentang penelitian yang dimaksud di dalam artikel ini.

Sumber:

No comments:

Post a Comment

Advertisement