Thursday, February 1, 2018

Mesin KanGen Water untuk Depot Air Minum Mineral isi Ulang pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)



Badan Usaha Milik Desa dibentuk berdasarkan Permendesa Nomor 4 tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa, yang menjadi pedoman bagi daerah dan desa dalam pembentukan dan pengelolaan BUMDes.


BUMDes memiliki peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi desa yang diantaranya adalah untuk menjalankan bisnis yang berproduksi dan/atau berdagang barang-barang tertentu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat maupun dipasarkan pada sekala pasar yang lebih luas.

BUM Desa juga dapat diperuntukkan sebagai ”usaha bersama”, atau sebagai induk dari unit-unit usaha yang ada di desa, dimana masing-masing unit yang berdiri sendiri-sendiri ini, diatur dan ditata sinerginya oleh BUM Desa agar tumbuh usaha bersama.

KanGen Water merupakan salah satu mesin Elektrolisis Air yang sangat bermanfaat bagi tubuh, namun untuk memiliki mesin ini memang tidak semua orang dapat langsung membelinya,  sedangkan ada sebagian masyarakat yang masih membutuhkan air alkali baik itu untuk keperluan minum sehari-hari ataupun terapi alternatif.

Seperti yang dilansir dari laman etalaseinfo.com, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Enggal Jaya asal Pekon Mulyorejo Kecamatan Banyumas mulai merintis usaha ini untuk memenuhi kebutuhan air minum mineral alkali bagi Masyarakat pedesaan.

Mereka tentunya memiliki standar produksi yang telah ditetapkan sesuai dengan peraturan dan ketentuan daerah mereka. Sebab dari nilai investasi yang dikucurkan yaitu mencapai 60jutaan Rupiah tentunya merupakan suatu bentuk investasi yang tidak tanggung-tanggung untuk sekelas depot air minum isi ulang.

Diharapkan dengan keberadaan BUMdes tersebut dapat meningkatkan pendapatan asli desa (PAD),  karena usaha ini dilakukan oleh orang-orang yang ahli di bidangnya sehingga mampu untuk mengelola bisnis air mineral ini dengan baik.

Jadi,  BUMDes tidak hanya terpaku pada jenis usaha keuangan seperti simpan pinjam saja,  namun dapat dikembangkan ke jenis usaha lain,  hal ini dapat memberikan pilihan bagi kesejahteraan masyarakat Desa.

Dana yang digunakan pun tentunya menggunakan anggaran dari Dana Desa (DD) yang dikelola sesuai dengan ketentuan yang berlaku,  serta keuntungan yang diperoleh dikembalikan ke Desa,  dihitung secara cermat melalui pembukuan bisnis  yang profesional.

Masih banyak BUMDes lain yang telah menggeluti usaha sejenis ini,  berikut daftar yang kami temukan:

Klik Gambar untuk Memperbesar


Semoga ke depannya Desa-Desa lain dapat melakukan hal semacam ini guna memenuhi kebutuhan Air Bersih Mineral yang berkualitas dari mesin Elektrolisis Air bersertifikat Internasional.

No comments:

Post a Comment

Advertisement